Berikut kami share Materi Matematika SMA kelas XI Peminatan Kurikulum 2013 (K-13) yang harus dipelajari di tingkat kelas XI. Seperti biasa namanya materi peminatan pasti materinya lebih mendalam dan akan sulit terutama untuk soal-soal latihannya. Tapi sya yakin, dengan ketekunan dan kesabaran serta lebih ulet lagi, pasti sobat akan bisa untuk materi pemintan ini. Silahkan baca materi wajibnya dengan klik Materi Matematika SMA kelasXI Wajib Kurikulum 2013 (K-13) . Berikut materi dan penjabarannya yang terdiri dari 9 materi atau bab :
Read more ...
No.
|
Materi atau babnya
|
Deskripsi Materi
|
1.
|
polinomial
|
Mendeskripsikan konsep dan menganalisis sifat operasi aljabar pada polinomial dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah matematika.
|
Mendeskripsikan aturan perkalian dan pembagian polinomial dan menerapkan teorema sisa dan dan pemfaktoran polinomial dalam menyelesaikan masalah matematika
| ||
Memecahan masalah nyata menggunakan konsep teorema sisa dan faktorisasi dalam polinomial.
| ||
Memecahkan masalah nyata dengan model persamaan kubik dengan menerapkan aturan dan sifat pada polinomial.
| ||
2.
|
Irisan Kerucut
|
Menganalisis konsep sifat- sifat irisan kerucut (parabola, hiperbola, dan ellips) dan menerapkannya dalam pembuktian dan menyelesaikan masalah matematika
|
Mendeskripsikan hubungan garis direktis, titik fokus dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
| ||
Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips untuk menggambar kurva dan mengidentifikasi sifat-sifatnya
| ||
Mengolah data dan menganalisis model matematika dengan melakukan manipulasi aljabar untuk menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan parabola atau hiperbola atau ellips.
| ||
Menyajikan objek-objek nyata sebagai gambaran model parabola, hiperbola, dan ellips dan merancang masalah serta menyelesaikannya dengan menerapkan konsep dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah dibuktikan kebenaranya.
| ||
3
|
Irisan Dua Lingkaran
|
Mendeskripsikan konsep lingkaran dan menganalisis sifat-sifat irisan dua lingkaran dan menerapkannya dalam memecahkan masalah.
|
Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata dengan model lingkaran yang saling beririsan, menginterpretasi masalah dalam gambar dan menyelesaikannya.
| ||
4.
|
Sampel dan Fungsi distribusi
|
Menganalisis penarikan sampel acak dari suatu populasi sekumpulan objek atau kejadian sehari-hari.
|
Mendeskripsikan konsep variabel acak, dan menganalisis untuk merumuskan fungsi distribusi binomial melalui percobaan acak.
| ||
Menyajikan dan menggunakan rumus fungsi distribusi binomial dalam menaksir suatu kejadian yang akan muncul berkaitan dengan percobaan acak
| ||
5.
|
Penarikan kesimpulan
|
Mengevaluasi penarikan kesimpulan melalui uji hipotesis dengan kriteria tertentu.
|
Menyajikan proses dan hasil penarikan kesimpulan dari uji hipotesis dengan argumentasi dan prosedur penarikan kesimpulan yang valid.
| ||
6.
|
Limit Fungsi
|
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan sifat-sifat limit fungsi trigonometri dan nilai limit fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan meng-gunakan dalam pemecah-an berbagai masalah.
|
Menyajikan dan mengilustrasikan konsep limit dalam konteks nyata.
| ||
7.
|
Turunan fungsi trigonometri
|
Mendeskripsikan konsep turunan fungsi trigonometri untuk menurunkan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam memecahkan masalah.
|
Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang fungsi trigonometri.
| ||
8.
|
Turunan fungsi trigonometri
(aplikasinya)
|
Menganalisis konsep dan sifat turunan fungsi trigonometri dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok).
|
Menyajikan, dan memecahkan masalah nyata
| ||
9.
|
Aplikasi Turunan Fungsi
|
Menganalisis bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar
|
Menyajikan data dari situasi nyata, memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar
|
Berikut link untuk materi kurikulum 2013 kelas X SMA :
Jika total materi kelas XI SMA dari wajib dan peminatan, maka ada 12 + 9 = 21 materi atau bab yang harus dikuasai untuk kelas XI SMA, saya kira ini bukan jumlah yang sedikit. Tetap semangat sobat belajarnya.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.
materi lengkapnya ada di sini :
http://nurulsucialqurfi.blogspot.co.id/2015/01/materi-matematika-kelas-11-semester-2-
materi lengkapnya ada di sini :
http://nurulsucialqurfi.blogspot.co.id/2015/01/materi-matematika-kelas-11-semester-2-
sumber : https://dunia-informa.blogspot.co.id/2015/06/materi-matematika-sma-kelas-xi-peminatan-kurikulum-2013.html